Cara menghindari diabetes dengan kebiasaan sederhana

jika kamu berusia lebih dari 45 tahun atau lebih muda, tetapi tinggi tetapi tinggi resiko karena penyakit diabetes ? hal ini biasanya disebabkan salah satu atau kedua orang tua anda memiliki diabetes atau bisa juga klarena berat badan anda diatas normal, untuk itu bsebaiknya berhati-hatilah! Indonesia semakin lebh dan lebih menderita diabetes tipe 2 (kencing manis yang dimulai sebagai orang dewasa). Diabetes tipe 2 terkait dengan kondisi yang dikenal sebagai resistensi insulin.


Diabetes adalah salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan mengancam banyak orang, terutama yang memiliki riwayat keturunan diabetes, lebih besar kemungkinannya untuk menderita penyakit tersebut. Diabetes adalah penyakit metabolic yang diderita seseorang, dan memilik dua tipe. Tipe satu didapat dari lahir dengan diabetes sedangkan tipe kedua timbul karena pola hidup yang salah satu bisa juga dikarenakan factor genetic (keturunan)

 Penyakit ini disebabkan meningkatnya kadar gula dalam tubuh yang diakibatkan karena konsumsi karbohidrat yang berlebihan. Bagi kamu yang ingin menghindari bahaya terjangkit penyakit6 ini bherikut saya akan menghadirakan informasi tentang kebiasaan sederhana yang bisa membantumu jauh-jauh dari penyakit berbahaya ini. Seperti yang di lansir healtmeup.com sebagai betikut:

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan memperhatikan atau memonitor selalu level gula dalam tubuh kamu. Selalu lakukan pengecekan rutin agar selalu tahu level gula darah yang berada pa tubuh kamu.
Selanjutnya jangan lupa untuk selalu melakukan olahraga paling tidak 30 menit setiap harinya. Ini akan menjaga agar kondisi tubuh kamu stabil dan bugan sepanjang waktu. Kamu juga bisa mencoba teknik-teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, dan teknik pernafasan lain yang akan membantu menurunkan stress.
Kamu bebas makan berbagai makanan yang kamu sukai, namun pastikan selalu mengukur level gula darah dalam tubuh. Alangkah baiknya untuk mengkonsumsi makanan yang di panggang atau dibakar atau bisa juga makanan yang direbus dari pada yang digoreng langsung.
Rawat kaki untuk menghindari akibat dari diabetes. Selalu gunakan ukuran sepatu yang pas untuk menghindari terjadinya luka pada kaki. Rendam kaki dalam air hangat dan beresihkan lalu lembabkan pada lotion.
Paling tidak setahun sekali lakukan pengecekan pada mata kamu karna diabetes ternyata juga memiliki efek pada mata.
Membatasi jumlah asupan karbohidrat. Karbohidrat memang menjadi energy yang tinggi,namun anda juga dapat memilih sumber alternative lainnya seperti kacang-kacangan,buah-buahan, dan lain-lain dengan jumlah yang tepat. Sebagai contoh, jika kamu ingin mengkonsumsi kentang saat makan malam, maka cobalah untuk menghindari nasi.
Menghindari karbohidrat bukan satu satunya solusi untuk mempertahankan tingkat gula darah kamu. Kamu juga harus cerdas dalam memilih dan memilah makanan. Pilihlah makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dan hindari makanan olahan (junkfood) yang penuh lemak jenuh.
Meski anda tidak sering sakit, melakukan medical chek-up secara rutin juga dibutuhkan. Hal ini berguna untuk mendeteksi penyakit-penyakit kasat mata seperti diabetes. Lakukan cek kesehatan setidaknya dua kali sehari.

Itu tadi beberapa cara menghindari diabetes dengan kebiasaan sederhana. Selagi belum terlambat dan masih muda, terapkan kebiasaan dan gaya hidup sehat agar terhindar berbagai serangan penyakit, seperti diabetes ketika kamu sudah lanjut usia.